Untuk mengajarkan operasi pecahan baik penjumlahan maupun pengurangan dua buah atau lebih bilangan pecahan ada beberapa pengetahuan yang harus sudah dikuasai oleh anak. Pengetahuan itu diantaranya:
1. Paham konsep penjumlahan
2. Hafal perkalian 1-10 dengan lancar.
3. Faham konsep bilangan pecahan itu sendiri.
4. Faham konsep penjumlahan pecahan yang penyebutnya sama.
Jika semua persyaratan di atas sudah dikuasai oleh anak maka kita bisa mengajarkan anak bagaimana mengoperasikan penjumlahan atau pengurangan pada bilangan pecahan yang berbeda penyebutnya. Berdasar pengalaman penulis, cara yang paling efektif untuk mengajari anak menjumlahkan/mengurangi pecahan beda penyebut adalah dengan cara perkalian silang.
Menggunakan teknik perkalian silang adalah yang paling simple dalam berfikir, anak tidak perlu bagaimana cara menyamakan penyebut melalui pemfaktoran (KPK). Kata kunci yang perlu ditekankan adalah:
1. Atas dengan bawah
2. Bawah dengan bawah.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh di bawah ini:
1. Penjumlahan/pengurangan pecahan tanpa menyederhanakan.
2. Penjumlahan/pengurangan pecahan dengan menyederhanakan.
Langkah-langkah di atas adalah cara mengajarkan anak-anak speed belajar low s/d normal. Jika tipe anak high speed learning bisa pake seperti ini: